Komentar disini gratis dan auto Approve, silahkan berkomentar ‼

Tips Agar Tidak Terkena Tipuan SMS Broadcast

Sebelum membahas lebih jauh agar Anda tidak terkena penipuan melalui sms broadcast yang masih eksis hingga saat ini, alangkah baiknya Anda mengenal terlebih dahulu modus-modus yang sering mereka gunakan untuk menipu para calon korbannya.
image : business.idntimes.com
Modus #1 : Undian Berhadiah
Mereka para pelaku kejahatan cyber via sms sering melakukan dengan modus ini. Dengan iming-iming Anda mendapatkan voucer/kupon berhadiah dan Anda diharuskan segera diambil dengan cara melihat di web palsu mereka. 
Ciri-ciri website palsu yang mereka gunakan untuk menipu biasanya menggunakan subdomain gratisan, atau bahkan domain berbayar tetapi yang murahan dan tidak familiar, contohnya berakhiran :
  1. .blogspot.com
  2. .blogspot.co.id
  3. .wordpress.com
  4. .weebly.com
  5. .jimdo.com
  6. .webs.com
  7. .ga
  8. .xyz (murah)
Sedangkan ciri-ciri website asli dari sebuah company/perusahaan, yang kemungkinan besar tidak untuk menipu biasanya menggunakan domain berbayar, contoh :
  1. .co.id
  2. .com
  3. .net
  4. .org
Selain itu websitenya juga harus sudah terlindungi/aman/secure, apalagi sebuah website perbankan yang digunakan untuk bertransaksi secara online sudah tentu harus memenuhi kritirea ini. Ciri-ciri website aman/secure biasanya ditadai dengan"https" dan tanda gembok diawal nama websitenya, contohnya ada pada gambar berikut ini .
ciri-ciri website aman dengan tanda gembok

Modus #2 : Diminta Transfer Sejumlah Uang
Bagi yang tidak merasa dalam situasi ini tentu mudah saja mengabaikan sms semacam ini. Tapi tidak, bagi mereka yang sedang didalam situasi semacam ini. Maksudnya situasi ketika seseorang dalam urusan perjanjian transfer-mentrasfer ke rekan bisnis atau keluarga dekat dalam waktu segera.

Tujuan sms semacam ini biasanya mencari kelengahan orang yang dalam waktu dekat akan mentransfer sejumlah uang ke seseorang yang dikenalnya. Momen atau waktu inilah yang dgunakan oleh para penipu untuk melancarkan aksinya dengan mengirim sms yang seolah-olah sebagai orang yang dikenalnya itu. Dan Anda wajib curiga apabila nominal tidak disebutkan didalam sms.

Baca Juga : Tips Agar Tidak Kena Tipu
Maka untuk mengingatkan Anda jika dalam situasi semacam itu, ini tipnya :
  1. Cek kembali nomor telepon yang digunakan, apalagi jika sms-nya dari nomor yang berbeda
  2. Telpon kembali sebelum Anda mentrasfer, dan memastikan benar orang yang dimaksud
  3. Kalau sudah yakin orang yang dimaksud benar, baru Anda boleh mentranfernya
Demikian tips singkat yang bisa mengingatkan kita ketika dalam urusan trasnfer sejumlah uang. (*e)

Bacaan Lainnya  :

0 Response to "Tips Agar Tidak Terkena Tipuan SMS Broadcast"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak dan tidak nyepam, terima kasih.